4.7.15

Istana Kerajaan Cimencerang

Tidak ada kerajaan bernama Cimencerang, itu hanyalah nama imajinasi pada tema ekspresi yang dibuat sebagai kegiatan bermain dan berkarya di TKB GagasCeria. Pada tema ini, anak-anak belajar mengenai ekspresi percampuran warna. Warna-warna yang dicampurkan tersebut kemudian dituangkan dalam karya berbentuk istana.

Menjelang kegiatan assembly, kelas Bintang membuat rencana untuk menciptakan latar photobooth. Dari beberapa karya perencanaan yang dibuat, karya milik Kiran, Alika, Allena, dan Naomy terpilih sebagai karya yang akan dibuat menjadi ukuran yang lebih besar. Inilah perencanaan karya yang mereka buat :

Karya milik Kiran, Alika, Allena, dan Naomy

Karya ini kemudian dibuat menjadi ukuran besar dengan bantuan teman-teman lainnya. Mereka bekerja sama dan bergantian membuat bagian-bagian serta detil istananya.

Rafi membuat gambar benteng dalam ukuran besar.

Setelah bentuk istana ukuran besar selesai dibuat, anak-anak pun mulai bergiliran memberi warna dengan menggunakan cat. Warna cat yang digunakan merupakan campuran-campuran warna.

Istana yang sudah diberi warna. Dijemur dulu supaya kering.

Istana besar ini kemudian akan ditempelkan pada latar. Latar dibuat dari plastik bening berukuran besar yang juga diberi warna dengan menggunakan cat. Karena berukuran besar, anak-anak mewarnainya bersama-sama.

Melakukan percampuran warna cat di permukaan plastik besar.

Setelah cat kering, istana kemudian disusun dan ditempelkan di latar plastik.

Karya istana yang hampir tuntas.

Pada perencanaan karya yang sudah dibuat sebelumnya, ada beberapa orang putri yang digambarkan. Namun anak-anak sepakat untuk membuat seorang putri dan seorang prajurit. Putri dan prajurit dibuat dengan mencetak tubuh.



Putri dan prajurit.

Setelah semua tuntas, karya kemudian dipasang di area panggung assembly sebagai tempat berfoto anak-anak dan para orangtua. Kami guru-guru juga tidak mau kalah untuk berfoto.


Setelah kegiatan assembly usai, karya istana, putri, dan prajurit kemudian dipindahkan ke area sekolah. Karya istana berukuran besar dipasang di ruang Art, putri dan prajurit dipasang di area tangga menuju kelas Bintang.

Istana Cimencerang, Kiran, Alika, Naomy, dan Allena

Kiran dan lukisan putri yang dibuat dengan mencetak tubuhnya.


Karya ini juga bisa dibuat di rumah untuk menghias kamar anak-anak. Cara membuat lukisan orang dengan mencetak tubuh dapat dibaca di tulisanku kira-kira 3 tahun lalu. Bisa dibaca dengan klik saja di sini. Selamat mencoba di rumah...

No comments: