2.7.15

Ikan Warna-warni

Beberapa waktu lalu di sekolahku, anak-anak TKB mempelajari tentang hewan-hewan ternak dan habitat aslinya. Salah satu hewan yang dipelajari adalah ikan yang ada di perikanan. Anak-anak belajar bahwa ada beberapa jenis ikan yang hidup di air laut dan air tawar. Lalu mereka membuat karya gambar ikan dengan detil setelah melakukan pengamatan pada ikan yang ada di aquarium sekolah. 

Saat beberapa anak melakukan pengamatan, aku mengajak anak-anak lainnya melipat kertas berwarna-warni menjadi bentuk ikan. Hasil lipatan itu kemudian ditambahkan detil sisik ikan dengan menggunakan spidol dan pensil warna. Mereka bebas berekspresi membuat ikannya menjadi lebih berwarna-warni.

Aku memotong plastik yang biasa digunakan sebagai sampul buku kira-kira hingga berukuran 2 meter. Plastik itu kemudian dicat dengan menggunakan cat berwarna biru tua yang dicampurkan dengan biru muda serta ditambahkan gliter berwarna biru pula. Rencananya, plastik yang dicat dengan warna biru ini akan dijadikan sebagai 'air' untuk tempat hidup ikan.

Anak-anak mencampurkan cat di atas plastik sampul buku dengan menggunakan tangan.

Setelah cat di plastik kering, aku memotong-motongnya sejumlah anak. Selanjutnya, ikan-ikan yang sudah digambar dan dibuat dari hasil lipatan kertas akan digabungkan dengan plastik yang sudah diwarnai cat biru. Lalu, anak-anak boleh menambahkan detil lainnya yang menggambarkan suasana laut pada karyanya. Beberapa anak ada yang menambahkan imajinasinya.

Dan, beginilah beberapa hasilnya...

Karya laut milik Alika dengan ikan, penyelam, dan putri duyung.

Karya laut milik Abiel dengan putri duyung dan banyak batu karang.

Karya laut milik Allena.

Karya ini bisa juga dibuat sebagai hiasan di jendela. Potongan plastik yang sudah dicat biru ditempelkan di kaca jendela dan gambar-gambar ikan ditempelkan di plastiknya. Agar terlihat lebih hidup, buat juga gambar ikan di dua sisi kertas yang kemudian digantungkan di kusen jendela dengan menggunakan benang tipis. Saat angin meniup ikan yang digantung, ikan itu seakan-akan terlihat berenang di laut.



Plastik cat biru yang ditempelkan di jendela dan ikan-ikan yang berenang, tampak seperti aquarium.

Karya ini mudah dibuat di rumah dengan alat bahan yang juga mudah untuk didapatkan. Jika ingin mencoba silakan siapkan bahan-bahan :
  • Plastik sampul buku gulungan, potong secukupnya.
  • Cat asturo warna biru untuk mewarnai plastik
  • Gliter warna biru, hijau, atau perak
  • Kertas putih untuk menggambar ikan bolak-balik (kedua sisi kertas digambar)
  • Spidol hitam untuk menggambar, pensil warna atau crayon
  • Kertas lipat/origami berwarna
  • Benang wol/ benang kasur tipis
  • Lem dan solasi
Selamat mencoba berkarya!


No comments: