5.9.14

Gerakan Bandung Ber-AKSI

Gerakan Bandung Ber-AKSI adalah suatu gerakan BERcerita AntiKorupSI, yang aktif dimulai sekitar bulan Mei 2014. Bandung di bawah kepemimpinan Ridwan Kamil, berkomitmen untuk menjadikan Bandung lebih 'bersih'. Gerakan Bandung Ber-AKSI dengan buku Tunas Integritas-nya, berkeliling kota Bandung untuk mendongeng mengajak anak-anak menyimak cerita tentang kejujuran, hidup sederhana, dan cerita karakter baik lainnya. Buku ini bercerita tentang kebaikan, tidak ada cerita korupsi, bahkan tidak ada kata korupsi di dalamnya. Kata korupsi haram untuk dikenal oleh anak-anak.

6 seri buku Tunas Integritas KPK dengan beberapa cerita pendek khas anak-anak dan contoh kegiatan berkarya.

Satu set buku cerita anak ini, KPK bagikan secara cuma-cuma bagi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang juga berkomitmen untuk terus mendongengkannya pada anak-anak. Para guru dan pengurus TBM diharapkan dapat terus menggunakan buku Tunas Integritas ini untuk menyebar cerita karakter baik, menanamkannya dalam kehidupan sehari-hari hingga mampu menguatkan karakter anak-anak. Aku sebagai guru anak usia dini, juga membuat jadwal rutin bercerita karakter dengan memanfaatkan buku-buku ini. Menciptakan kegiatan baru yang idenya diambil dari cerita buku tersebut.

Aku membacakan cerita tentang karakter kejujuran.

Selain guru yang bercerita, anak-anak yang sudah mulai bisa membaca buku ceritanya sendiri, dikenalkan dengan buku-buku Tunas Integritas. Pada waktu senggang, mereka akan mencoba membaca buku itu sendirian atau berkelompok bersama dengan teman-temannya.

Anak-anak yang membaca buku bersama di waktu senggangnya di sekolah.

Selain 'hanya' mendongengkan buku-buku Tunas Integritas, aku mencoba mengintegraasikannya dengan tema yang sedang berjalan di kelas. Saat tema mengenai lingkungan tengah dibahas di kelas, aku membacakan cerita 'Kota Oncom' tentang kota yang sangat bersih, tertib, warganya malu jika melanggar aturan, selalu tepat waktu, dan segala karakter baik lainnya. Lalu, aku mengajak anak-anak untuk membayangkan apa yang akan dilakukannya agar Bandung menjadi kota sebaik Kota Oncom.

Anak-anak bersiap mendengar cerita 'Kota Oncom'

Anak-anak kelasku kemudian menciptakan rancangan robot penjaga lingkungan yang akan membantu polisi dan petugas kebersihan untuk membuat Bandung menjadi lebih bersih dan tertib.

Rancangan robot penjaga lingkungan yang terbuat dari sampah anorganik.

Anak-anak kemudian menyebutkan harapannya terhadap kota Bandung. Ada yang ingin Bandung menjadi lebih bersih, orang-orang tidak membuang sampah sembarangan agar Bandung tidak banjir lagi. Kemudian ia menciptakan robot pembersih yang memiliki tempat untuk menyimpan sampah organik dan sampah anorganik. Ada pula yang membuat robot agar warga Bandung dapat menaati aturan berlalu lintas. Ia mengatakan, "Kalau ada motor yang naik ke trotoar, robotnya bisa ngeliat dari jauh, terbang trus datang buat ngangkat motornya buat balik lagi ke jalan."

Mendongeng adalah salah satu usaha sederhana untuk menerapkan berbagai karakter baik bagi anak-anak. Dan usaha ini yang terus dilakukan secara aktif oleh komunitas Gerakan Bandung Ber-AKSI di kota tercinta. Namun gerakan ini tidak akan menutup kemungkinan untuk terus menyebarkan dongeng kebaikan bagi anak-anak Indonesia.

No comments: