6.4.12

Petualangan Dinosaurus #3

"Tyrannosaurus, Stegosaurus dan Brontosaurus pergi bertualang di hutan. Tapi datang hujan meteor dan gunung berapi meletus dengan dasyatnya! Semua dinosaurus berlari menyelamatkan dirinya. Semua pohon dan rumput terbakar, Stegosaurus dan Brontosaurus kehabisan makanan. Akhirnya mereka pun mati. Tyrannosaurus mencari makanan, namun tidak ada lagi binatang lain yang hidup. Tyrannosaurus pun akhirnya punah." --- Cerita imajinasi anak-anak berdasarkan cerita buku dan film mengenai kepunahan dinosaurus.


Awal semester 2 adalah awal tema Dinosaurus. Anak-anak dibawa berimajinasi ke masa lalu, mencoba memahami mengenai perbedaan waktu dan tempat. Lalu mereka menuangkan imajinasinya dalam karya indah penuh makna. 




Tyrannosaurus karya Tiara



Tyrannosaurus karya Naufal



Tyrannosaurus karya Ruben



Brontosaurus karya Rafirao



Brontosaurus karya Kochi



Stegosaurus karya Dhisa

Karya 'Hutan Dinosaurus' ini dibuat secara bertahap. Setiap detil bagiannya dibuat terpisah di waktu yang berbeda. Karya ini adalah hasil kreasi sebagian kecil anak-anak kelas Awan GagasCeria usia 4-5 tahun.
  • Dinosaurus dibuat dengan membuat pola cap tangan. Telapak tangan dicelup cat yang warnanya bisa dipilih oleh anak-anak dan dicap di permukaan kertas A4. Posisi cap tangan disesuaikan dengan perencanaan dinosaurus yang ingin dibuat. Jika ingin membuat Stegosaurus, maka telapak tangan dicap dengan posisi jari-jari terbuka. Jari tangan dijadikan sebagai lempengan tulang di punggung Stegosaurus. Setelah cat kering, anak-anak menambahkan bagian tubuh dinosaurus lainnya dengan gambar dan mewarnainya. Cap tangan dijadikan sebagai bagian badannya. hasil gambar kemudian digunting mengikuti bentuk dinosaurus.
  • Kolase pohon dibuat lepas. Anak-anak diberi beberapa pilihan bahan untuk dijadikan batang (kertas daur ulang bertekstur, pelepah pisang), bahan untuk daun-daun (bulu-bulu ayam, robekan kertas berwarna, daun yang dikeringkan) serta bahan untuk akar (benang wol, robekan kertas memanjang, sisa-sisa robekan karton). Pilihan bahan kolase bisa disesuaikan dengan keinginan.
  • Alas karya dibuat dengan kertas kalender yang dicat. Anak-anak boleh memulas cat dengan menggunakan kuas, tangan atau dengan mengecap menggunakan spons. Setelah cat kering, alas dioleskan lem kayu lalu diberi taburan pasir berwarna sebagai tanah hutan. Kemudian kolase pohon serta gambar dinosaurus ditempelkan. Oleskan lem kayu yang dicairkan di atas taburan pasir agar pasir lebih menempel.
  • Tambahkan pensuasanaan yang menggambarkan waktu pada karya hutan. Misalnya, ditambahkan awan, bintang-bintang dan sebagainya. Bintang-bintang bisa dibuat dengan menempelkan berbagai macam payet. Awan bisa dibuat dengan menempelkan kapas atau bulu-bulu ayam berwarna biru. Sediakan pilihan bahan-bahan yang dapat dipakai anak-anak sesuai imajinasinya.
  • Ajak anak untuk menceritakan karyanya, kemudian ambil kalimat inti dari ceritanya untuk dituliskan. Anak meniru tulisan di atas kertas bergaris berjarak 1,5 cm.
  • Jangan lupa apresiasi karya anak dengan memajangnya.

Cerita karya milik Ruben



Display karya komik 'Hutan Dinosaurus' milik kelas Awan

Ingin membuat karya dinosaurus yang lebih mudah dan bisa dimainkan? Membuat wayang Tyrannosaurus bisa menjadi pilihan. 
  • Ajak anak-anak untuk melipat secara terpimpin. Lipatan bentuknya harus sederhana agar mudah diikuti. Hasil lipatannya ditempelkan di atas kertas berukuran A5 dan kemudian anak-anak menambahkan gambar kepala, kaki dan tangan Tyrannosaurus.
  • Hasilnya kemudian digunting mengikuti bentuknya dan tempelkan sumpit, stik es krim panjang atau sedotan bubble di bagian belakang karya untuk dijadikan wayang.


Wayang Tyrannosaurus

Selamat bermain dan berkarya ^^

No comments: